24 - 25 Maret 2008, Lokakarya Pemberdayaan Komunikasi Kelompok Kerja Regional (KKR) Komnas FBPI dan Komite Daerah (KOMDA), Hotel Santika, Surabaya



Tujuan dari lokakarya ini adalah:

1.Membangun kapasitas anggota KKR/Komda dalam merencanakan kegiatan komunikasi strategis dan komunikasi perubahan perilaku. Hal ini sangat penting bagi KKR/Komda dalam mengembangkan dan merancang kegiatan komunikasi di tingkat Kabupaten, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat di tingkat desa dan masyarakat.
2.Meningkatkan pengetahuan peserta mengenai komunikasi perubahan perilaku dan kemampuan dalam mengembangkan rencana komunikasi strategis di wilayah kerja masing-masing, serta cara menyampaikan pesan – pesan utama pencegahan flu burung nasional ke masyarakat.
3.Memperkuat jejaring antara Komnas FBPI, KKR, Komda, RMU dan masyarakat dalam pengendalian flu burung pada hewan dan manusia.
4.Mengembangkan wawasan peserta dengan strategi pengendalian flu burung terbaru dari perspektif hewan, manusia dan masyarakat.

Dalam lokakarya ini, materi yang diberikan kepada peserta mencakup:

1.Materi komunikasi perubahan perilaku, meliputi gambaran umum mengenai program komunikasi dan komunikasi perubahan perilaku dan gambaran akan prinsip dasar dan komponen kunci dalam perencanaan program/strategi komunikasi.
2.Materi pengembangan jejaring (networking), meliputi identifikasi potensi, peran dan tanggung jawab instansi pemerintah, swasta, masyarakat dan stakeholder lainnya dalam lingkup kedaerahan khususnya pada tingkat provinsi.
3.Materi lesson-learns kegiatan komunikasi, informasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan.
4.Materi diskusi pengembangan rencana kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi dan pelaksanaannya.

Lokakarya dua hari ini diikuti perwakilan dari Dinas Pertanian/Peternakan dan Dinas Kesehatan Provinsi, Balai - balai Penelitian Veteriner dan Kelompok Kerja Regional Komnas FBPI untuk wilayah timur Indonesia.

Dalam lokakarya ini, peserta berhasil mengembangkan rencana tindak lanjut kegiatan - kegiatan komunikasi, informasi, dan edukasi untuk dapat diimplementasikan di wilayah kerjanya masing - masing.

Tidak ada komentar: