Sosialisasi Tanggap Flu Burung Pantai Senggigi, Lombok


Acara diikutin sm perwakilan ormas wanita & muspida. on Twitpic

Pada tanggal 4 November 2009 lalu, Komnas FBPI bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lombok Barat mengadakan Sosialisasi Tanggap Flu Burung dan Komunikasi Massa Melalui Pemberdayaan Perempuan di daerah Senggigi, Lombok.

Tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit flu burung melalui peningkatan pengetahuan tentang flu burung dan pandemi influenza serta menguatkan koordinasi pemerintah daerah dalam mengantisipasi pandemi influenza. Penguatan koordinasi daerah sangat penting dilakukan agar terbangun kesamaan persepsi dalam kesiapsiagaan menghadapi penyakit flu burung dan pandemi influenza.

Acara ini dihadiri oleh: Perwakilan organisasi wanita kabupaten Lombok barat, Istri pejabat Muspida Kabupaten Lombok Barat, Ikatan Istri Ikatan Dokter Indonesia Lombok Barat, Ikatan Istri Persatuan dokter hewan Indonesia, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat.

Masalah flu burung dan pandemi influenza merupakan masalah bersama yang harus segera ditangani, terutama di Lombok Barat karena merupakan daerah tujuan wisata. Strategi penanganan flu burung dan pandemi influenza adalah dengan: Melakukan komunikasi, informasi dan edukasi pada masyarakat, Memberdayakan pelayanan kesehatan, Penyidikan lapangan terpadu, Tindakan pencegahan masuknya virus di pintu masuk, Respon penanganan kasus, dan Koordinasi lintas sektor.

Pemerintah kabupaten Lombok Barat melalui Bupatinya sangat mendukung acara ini karena membantu komitmen pemerintah daerah dalam Gerakan Terpadu Membangun Desa, yang salah satu programnya adalah peningkatan status kesehatan masyarakat. Dan pencegahan flu burung akan dimaksukkan didalam program tersebut. Kedepannya, diharapkan adanya sosialisasi untuk tokoh agama (ulama, tuan guru), karena para tokoh agama memegang peranan penting di daerah ini.

Posting Komentar