Pandemic (H1N1) 2009 - update 68

Sampai dengan 27 September 2009, tercatat lebih dari 340.000 laboratorium mengonfirmasi kasus pandemic influenza H1N1 2009, dan lebih dari 4.100 kematian dilaporkan ke WHO.

Sejauh ini telah banyak negara yang menghentikan penghitungan kasus individu, terutama kasus ringan, jumlah kasus secara signifikan lebih rendah dibanding yang sebenarnya telah terjadi. WHO secara aktif terus memantau perkembangan pandemi melalui konsultasi secara teratur dengan kantor regional WHO dan negara anggota, dan melalui pemantauan dari berbagai sumber data.

Tingkat penularan virus influenza dan penyakit menyerupai influenza (influenza-like-illness/ILI) terus meningkat di wilayah yang beriklim sedang di belahan bumi utara. Di Amerika Utara, influenza menular dan menyebar secara geografis dan terus meningkat. Tingkat penyebaran penyakit menyerupai influenza terus meningkat dan tetap berada diatas garis dasar influenza musiman selama empat minggu terakhir di sebagian besar wilayah Amerika Serikat. Di Meksiko, telah dilaporkan penyakit pernapasan dengan intentitas yang tinggi selama dua minggu berturut-turut (minggu 37-38), dengan peningkatan kasus terbesar dilaporkan terjadi di bagian utara dan barat laut negara tersebut. Di Eropa, Bagian Tengah dan Asia Barat, meskipun keseluruhan aktivitas influenza tetap rendah, peningkatan penularan telah dicatat di sejumlah negara dan terus meningkat pada negara lain. Tingkat penyakit menyerupai influenza berlanjut terus di atas tingkat garis batas di Irlandia, bagian dari Inggris Raya (Irlandia Utara), Israel dan Perancis; tambahan, lebih dari 10 negara lain di wilayah ini telah melaporkan pembatasan penyebaran influenza secara geografis. Di Jepang, aktivitas influenza terus meningkat diatas ambang epidemic influenza musiman sejak minggu 33.

Di daerah tropis Amerika dan Asia, penularan influenza tetap aktif tapi kecenderungan jumlah penyakit pernapasan berubah-ubah. Meskipun aktivitas penyakit pernapasan menyebar secara geografis di sepanjang wilayah tropis Amerika, banyak negara baru-baru ini melaporkan kecenderungan penurunan (Bolivia, Brazil, Kostarika, El Salvador, Panama, Paraguay, Venezuela), ketika negara lain cenderung melaporkan peningkatan (Kolumbia dan Kuba). Di wilayah tropis Asia, penyakit pernapasan cenderung terus meningkat di sebagian India dan Kamboja, ketika negara lain di asia Tenggara cenderung melaporkan penurunan penularan.

Di wilayah beriklim sedang belahan bumi selatan, penularan influenza sebagian besar kembali ke garis dasar (Chili, Argentina, dan Selandia Baru) atau menurun pada intinya (Australia dan Afrika Selatan).

Semua virus pandemic influenza H1N1 2009 yang telah dianalisis sampai saat ini secara antigenic dan genetic serupa dengan virus pandemic H1N1 2009 A/California/7/2009. Lihat tautan dibawah untnunk pembaruan hasil surveilans laboratorium lebih lanjut.

Diterjemahkan dari WHO Pandemic (H1N1) 2009 - update 68: http://www.who.int/csr/don/2009_10_02/en/index.html

Tidak ada komentar: