Kesiapsiagaan PMI Menyikapi Pandemi Influenza A H1N1 tahun 2009 di Provinsi Lampung


PMI Daerah Lampung melalui program Kampanye Flu Burung dan Pencegahan Pandemi Influenza dukungan Palang Merah Amerika menggelar workshop yang bertemakan “Kesiapsiagaan PMI Menyikapi Pandemi Influenza A H1N1 tahun 2009 di Provinsi Lampung” yang diselenggarakan pada tanggal 10 September 2009 di Hotel Grand Anugerah, Bandar Lampung. Tujuan workshop ini adalah membahas kesiapsiagaan berbagai lembaga pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada diprovinsi Lampung dalam menghadapi bahaya pandemi influenza.

Peserta workshop berasal dari berbagai instansi antara lain: dinas kesehatan, dinas peternakan, dinas pendidikan, dinas perhubungan, PMI cabang, Pramuka dan lembaga penggiat flu burung lainnya dari seluruh Kabupaten/kota wilayah pelaksanaan program kampanye Flu Burung ARC (American Red Cross) yaitu Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Tengah. Serta perwakilan dari PMI Pusat dan Palang Merah Amerika.

Hasil yang dicapai dalam workshop ini adalah adanya kesepahaman tentang hal-hal yang bisa dan perlu dilakukan oleh setiap lembaga pemerintah maupun non pemerintah pada tiga tahapan pandemi yaitu pada pra pandemi, saat pandemi dan pasca pandemi. Selain itu juga disepakati tentang penguatan koordinasi melalui Komite Daerah FBPI yang telah terbentuk baik untuk pengendalian flu burung maupun flu A H1N1. Komnas FBPI sebagai lembaga koordinasi ditingkat pusat yang hadir sebagai narasumber juga diharapkan dapat terus melakukan koordinasi dengan PMI Pusat dan Komite Daerah FBPI Provinsi Lampung.

Tidak ada komentar: