Symposium Internasional: AVIAN INFLUENZA IN INDONESIA CONTROL, PREVENTION AND SURVEILLANCE


Indonesia memiliki laboratorium dengan fasilitas Animal BSL-3 yang terletak di Universitas Airlangga Surabaya. Sayangnya hal ini belum diketahui oleh banyak orang. Ketidaktahuan khalayak, baik di Indonesia maupun di dunia, tentang keberadaan fasilitas ini membuat Indonesia diragukan kemampuannya dalam mengeliminasi penyakit Flu Burung dan penyakit zoonosis lainnya.

Untuk menjawab keraguan tersebut, pada tanggal 19 maret 2009 di Universitas Airlangga Surabaya, diadakan symposium internasional dengan tema "Avian Influenza: Control, Prevention, and Surveillance."

Symposium ini bertujuan untuk membuka sekaligus memperkenalkan fasilitas Animal BSL-3 yang dimiliki oleh Universitas Airlangga. Fasilitas Animal BSL-3 ini memiliki beberapa keunggulan, khususnya fasilitas hewan coba dalam penggunaan hewan monyet sebagai hewan coba, disamping hewan ferret, mencit, maupun unggas.

Symposium ini juga bertujuan menunjukkan kesiapan bangsa Indonesia dalam mengantisipasi penyakit Flu Burung dan penyakit zoonosis lainnya serta mendapatkan masukan dari pakar Flu Burung dan kesehatan dunia dalam melakukan antisipasi terjadinya peningkatan penyakit Flu Burung dan penyakit zoonotik lainnya.

Tidak ada komentar: