Sosialisasi Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga, Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Desember 2008




Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat, Aparat Pelabuhan Lembar, Unsur-Unsur PKK, Dharma Wanita, Ikatan Keluarga Bidan Indonesia, Kepala Dusun di seluruh Kecamatan Lembar, Para Penyuluh Kesehatan Lombok Barat, Persatuan Kartika Chandra Kirana, Ikatan Istri Karyawan PT. ASDP Lembar, Organisasi Bhayangkari Lombok Barat, dan organisasi wanita lainnya yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Berlangsung pada tanggal 20 Desember 2008 di Pelabuhan Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya ibu rumah tangga di Kabupaten Lombok Barat mengenai bahaya dan risiko penularan virus flu burung (H5N1) secara sederhana tanpa menimbulkan kepanikan.

Nusa Tenggara Barat merupakan daerah yang telah beberapa tahun terakhir tidak pernah terjangkiti oleh virus flu burung pada manusia, selain itu juga NTB merupakan daerah kasus Low Incidents, yang hanya memiliki jumlah kasus sedikit pada unggas. Acara sosialisasi flu burung ini dilakukan di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di wilayah pelabuhan Lembar. Pelabuhan Lembar ini merupakan jalur distribusi utama yang mengantarkan serta menerima kapal laut yang berasal dari Pulau Bali, Pulau Sulawesi, dan Jawa Timur. Posisinya yang strategis dan merupakan pintu keluar masuknya arus migrasi masyarakat beserta barang termasuk unggas menunjukkan faktor risiko yang besar terhadap penyebaran virus flu burung.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta, yang juga dihadiri oleh Kepala Kecamatan Lembar dan para Kepala Dusun di Kecamatan Lembar. Sosialisasi ini diharapkan dapat dilanjutkan dan dikembangkan sendiri oleh seluruh peserta yang telah hadir. Dengan begitu Nusa Tenggara Barat bisa terus mempertahankan kondisinya yang merupakan daerah kasus Low Incidents, yang memiliki jumlah kasus rendah pada hewan.

Tidak ada komentar: